Cara Membuat Formulir Online
Cara Membuat Formulir Online

Cara Membuat Formulir Online Dengan Simple

Cara Membuat Formulir Online Dengan Simple dan Mudah – Formulir online adalah alat untuk mendaftar/mendapatkan informasi. Formulir online biasanya digunakan untuk mengumpulkan survei, membuat jadwal pemantauan dan evaluasi online, dan mendokumentasikan data penting secara sistematis.

Formulir berisi identitas dan kebutuhan orang tersebut. Yang penting dalam mengisi formulir adalah mengisi data yang sebenarnya. Dengan formulir, entri data akan distandarisasi dan menghemat waktu, biaya, dan tenaga.

Keunggunalan Formulir Online

Beberapa manfaat formulir online untuk mendukung bisnis online berikut ini pasti membuatmu tak ragu memanfaatkannya, antara lain:

  • Penggunaan formulir online membuat proses pengisian formulir menjadi lebih fleksibel tanpa dibatasi oleh tempat dan waktu. Pelanggan atau pengguna Internet yang menjadi sasaran survei dapat mengisi formulir online kapan saja dan di mana saja selama terhubung dengan Internet. Fleksibilitas ini juga membuat Anda tidak perlu khawatir dengan risiko kehilangan atau kerusakan kertas formulir Anda.
  • Membuat dan menerbitkan formulir online merupakan salah satu upaya konkrit menjalankan bisnis online dengan konsep go green. Menggunakan formulir online berarti Anda tidak perlu repot mencetak hard copy dan kemudian mendistribusikannya ke klien atau pengguna Internet.
  • Menggunakan formulir online juga dapat membantu Anda mengumpulkan uang tunai dan saran untuk bisnis online dengan cara yang praktis. Pelanggan dapat dengan mudah mengirimkan kritik dan saran dengan mengisi formulir online yang telah saya siapkan. Selain itu, kritik dan saran tersebut harus Anda manfaatkan untuk meningkatkan bisnis online Anda agar sesuai dengan harapan pelanggan.
  • Sistem pendaftaran acara kini dapat dilakukan secara online dengan menggunakan formulir online. Anda dapat mengandalkan penggunaan formulir online untuk mengumpulkan data peserta acara, mulai dari nama, nomor kontak, alamat email, pekerjaan atau profesi, hingga motivasi untuk berpartisipasi dalam acara tersebut.
👉 TRENDING  Cara Simpan (EXPORT) Video Hasil Editan di Wondershare Filmora

Cara Membuat Formulir Online Dengan Simple dan Mudah

Berikut cara membuat formulir online dengan Zoho Form, Google Form, dan Wufoo untuk berbagai kebutuhan:

Zoho

Zoho adalah aplikasi web atau sistem operasi yang berjalan online (berlawanan dengan desktop), sehingga dapat digunakan secara fleksibel untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Sayangnya, Zoho membatasi penggunaan dengan menawarkan paket berbayar. Jadi tidak semua fitur bisa dinikmati jika hanya membuat akun gratis.

  • Kunjungi website zoho.com, Kemudian klik Login atau Sign up jika belum memiliki akun Zoho.
  • Untuk mulai membuat form online kamu bisa memilih menu Form, kemudian klik tombol “New Form”.
  • Selanjutnya, kamu bisa mengisi bagian judul form dan deskripsi sesuai tujuan. Jika sudah selesai, bisa langsung klik tombol Save.
  • Bagian ini menjadi tahap paling menarik ketika membuat formulir online. Pasalnya, kamu bisa mengeksplore fitur dan fungsi apa saja yang ditawarkan oleh penyedia layanan formulir online. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan berbagai macam kolom dengan cara drag and drop, jadi lebih simpel dan praktis ketika digunakan.
  • Setelah merancang halaman formulir online, jangan lupa untuk menyimpan hasil pekerjaan. Caranya kamu tinggal klik tombol Submit di bagian bawah.
  • Selesai. kamu bisa mulai membagikan URL form Zoho melalui email, sosial media, atau website perusahaan agar bisa dilihat banyak orang.

Google Form

Google Forms adalah salah satu platform online yang paling cocok untuk membuat formulir online. Dengan Google Forms, Anda dapat membuat formulir pendaftaran acara webinar, formulir survei, dan formulir soal latihan yang saat ini banyak dibutuhkan dalam proses belajar mengajar.

Berikut panduan cara membuat formulir online dengan Google Forms yang bisa Anda ikuti:

  • Buka halaman Google Form dan Login menggunakan akun Gmail, atau daftar jika kamu belum punya.
  • Setelah berhasil login, kamu bisa melihat beberapa template form yang bisa dipilih sesuai selera. Adapun jika ingin membuat dari awal pilih saja bagian dokumen Blank (kosong).
  • Tulis judul dan deskripsi Form yang ingin dibuat. Sedangkan untuk bagian deskripsi biasanya berisi informasi pembicara, latar belakang acara, dan jadwal pelaksanaan.
  • Setelah selesai mengisi judul dan deskripsi, kamu bisa mulai membuat kolom untuk mengisi nama, alamat email, nomor handphone, atau pertanyaan lainnya yang relevan dengan kebutuhan data.
  • Klik tanda (+) di pojok kanan atas jika ingin menambahkan kolom pertanyaan ke dalam formulir online. Selain kolom pertanyaan, kamu juga bisa menambahkan gambar dengan memilih icon gambar yang ada di sidebar samping kanan.
👉 TRENDING  Download LIKEit Lite Aplikasi Penghasil Uang

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Membuat Formulir Online Dengan Simple dan Mudah, apabila ada pertanyaan silahkan bertanya di kolom komentar ya.