Cara Mengetahui HP Android di Root Atau Tidak
Cara Mengetahui HP Android di Root Atau Tidak

Cara Mengetahui HP Android di Root Atau Tidak

Cara Mengetahui HP Android di Root Atau Tidak – Mengaktifkan root berarti mengaktifkan izin pengguna untuk dapat mengakses sistem Android lebih dalam. Dengan demikian, fitur-fitur yang tidak dapat digunakan dalam waktu standar dapat diakses saat rooting diaktifkan.

Tidak semua smartphone Android bisa menggunakan akses root. Samsung adalah smartphone yang sulit dijangkau karena sistem keamanannya. Oleh karena itu, perlu diketahui cara melakukan root pada ponsel untuk memastikan apakah prosesnya berhasil atau tidak.

Apa Itu Root Di Android

Root adalah proses lisensi sehingga pengguna dapat memiliki kontrol lebih besar atas perangkat Android mereka. Jika root diaktifkan, pengguna akan memiliki lebih banyak kekuatan untuk melakukan hal-hal yang tidak dapat dilakukan dengan cara biasa.

Pengguna bahkan dapat menghapus aplikasi bawaan smartphone. Namun, disarankan untuk aplikasi dasar seperti Telepon, Perpesanan, Pengaturan, Kamera, dan beberapa fitur dasar lainnya. Namun, menghapus aplikasi terkadang bisa sangat berguna jika digunakan dengan benar.

Sayangnya, risiko yang muncul setelah rooting juga sangat besar. Keamanan seluler menjadi sangat lemah dan mudah diretas. Untuk mengatasi masalah ini, menggunakan antivirus yang sangat mudah sangat diperlukan.

Cara Mengetahui HP Android di Root Atau Tidak

Root memberi pemilik akses untuk melakukan perubahan pada banyak hal. Ini seperti ROM khusus, menghapus aplikasi default, dll. Ini semua bagus jika tidak dilebih-lebihkan.

Terkadang, proses akses root tidak berjalan dengan lancar dan berujung pada kegagalan. Kegagalan ini bahkan dapat menyebabkan bootloop. Sedangkan untuk mengetahui prosesnya berhasil atau tidak, bisa dilakukan dengan menggunakan cara untuk mengetahui apakah hp sudah di root atau belum.

1. Cara Melihat HP Sudah di Root Tanpa Aplikasi

Akses root pada smartphone harus memiliki sidik jari sendiri. Efeknya cenderung sama meskipun aplikasi yang digunakan untuk membuat root sama sekali berbeda. Inilah yang digunakan sebagai cara untuk mengetahui apakah ponsel di-root tanpa aplikasi:

  1. Aktifkan perangkat smartphone,
  2. Pastikan aplikasi yang digunakan untuk membuat akses Root ( KingRoot atau SuperSU),
  3. Buka menu aplikasi,
  4. Cari aplikasi “Kinguser” atau “SuperSU”.
👉 TRENDING  Update - simontox app 2021 apk download latest versi baru

Jika salah satu aplikasi tersebut ditemukan, berarti smartphone tersebut sudah memiliki akses root. Perlu diingat bahwa cara ini sebaiknya dilakukan setelah proses rooting selesai. Karena kedua aplikasi tersebut biasanya ada di smartphone meskipun root tidak berfungsi.

2. Cara Mengetahui HP Sudah di Root dengan Root Checker

Menggunakan aplikasi Root Checker untuk mengetahui apakah smartphone telah berhasil di-root adalah cara yang cukup efektif. Terkadang smartphone yang di-root tidak menampilkan aplikasi Kinguser atau SuperSU karena beberapa kesalahan.

Oleh karena itu, cara mengetahui apakah ponsel Anda sudah di-root menggunakan Root Checker adalah pilihan yang sangat bijak. Sebelum menggunakan aplikasi ini, Anda harus mengunduh dan menginstalnya terlebih dahulu di platform Google Play Store.

Berikut cara menggunakan Root Checker:

  • Aktifkan perangkat smartphone Android,
  • Buka aplikasi Root Checker,
  • Tab tombol Agree,
  • Klik Verify Root Access,
  • Pilih opsi Grant,
  • Tunggu beberapa saat.
  • Setelah proses tersebut dilakukan maka akan muncul konfirmasi mengenai hasil analisa yang dilakukan. Sehingga, user akan mengetahui bahwa smartphone nya sudah di Root atau belum.

Demikianlah yang bisa kami share tentang Cara Mengetahui HP Android di Root Atau Tidak, apabila ada pertanyaan silahkan bertanya di kolom komentar ya.